Wednesday 27 March 2019

Produksi Pakan Dalam Negeri Kurang Kompetitif

Pemberian Pakan Ikan
IndoBig.com - Produsen pakan ikan dan udang dalam negeri mulai melirik pasar ekspor meskipun saat ini produksi pakan dalam negeri dinilai masih kurang kompetitif jika dibandingkan dengan barang dari Vietnam.

Ketua Divisi Akuakultur Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) Haris Muhtadi menyebutkan saat ini ada sejumlah negara seperti Malaysia yang mengimpor pakan ikan dan udang dari Vietnam lantaran harganya yang kompetitif.

Produksi Pakan Dalam Negeri Kurang Kompetitif


“Nampaknya mungkin struktur industrinya seperti apa, produksi Vietnam lebih kompetitif. Jadi, beberapa negara di luar Indonesia seperti Malaysia itu banyak memakai produk produk dari Vitenam,” katanya.



Strategi yang harus diterapkan dalam menghadapi persaingan dengan Vietnam adalah dengan memanfaatkan teknologi. Haris Muhtadi pun mengatakan,"Minimalisasi biaya dan harga melalui teknologi formulasi. Formula yang baik kan bisa menjadi lebih efisien, apalagi jika cara meracik bahan pakanya benar akan jauh lebih efisien lagi harganya dan menjadi lebih kompetitif."

Tahun ini diperkirakan ekspor pakan diharapkan bisa meningkat menjadi 5.000 ton untuk pakan udang dan 10.000 ton untuk pakan ikan. Pada tahun 2018 lalu tercatat jika penjualan pakan lokal mencapai 142.182 ton dan pakan impor sebanyak 24.000 ton.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Support