Monday 26 November 2018

Dolar Amerika Terus Menguat Terhadap Rupiah Bagaimana Dengan Nasib Ekonomi Indonesia?

Rupiah Terus Menguat Terhadap Dolar


Pada awal pekan ini kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pagi ini kembali melemah. Menurut data perdagangan Reuters, pada hari ini Senin (26/11), dolar Amerika dibuka dengan nilai Rp 14.525. Mata uang negara Super Power itu naik turun hingga mencapai angka tertingginya pagi ini di Rp 14.530 pada pukul 9.18 WIB.

Menurut hitungan year-to-date (ytd) yang berarti dari awal tahun hingga sekarang, dolar Negri Paman Sam tersebut masih menguat terhadap rupiah hingga mencapai persenan sebesar 7,09%.


Terus Menguat Dolar Negri Paman Sam Bisa Mempengaruhi Ekonomi Indonesia


Menurut Reza Priyambada Analis dari Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI)  dalam risetnya mengatakan, walaupun mata uang EUR masih mengalami penurunan namun, tak menghalangi penguatan lanjutan dari rupiah. Pergerakan angka EUR melemah seiring diluncurkan data Euro zone business growth yang tercatat melambat. Begitu juga dengan Jerman private-sector yang saat ini juga melemah sehingga ikut mempengaruhi EUR. Sedangkan untuk pergerakan USD cenderung merata di tengah perayaan Thanksgiving. 

walaupun terdapat kekhawatiran akan berlanjutnya defisit transaksi berjalan dan masih adanya penolakan terkait revisi aturan Daftar Negatif Investasi (DNI) dalam Paket Kebijakan XVI yang sudah dinyatakan Pemerintah tetapi, tidak menghalangi penguatan rupiah yang bisa membuat pelemahan sejumlah mata uang global.

Prediksi diperkirakan rupiah akan mencapai di kisaran 14.543-14.527. Tak beda jauh dengan prediksi sebelumnya di mana nilai rupiah yang sampai bergerak naik dengan memanfaatkan kondisi yang ada dan memberikan potensi untuk dapat kembali melanjutkan kenaikannya. 

Dengan adanya asumsi beberapa sentimen negatif dari pembrontakan Paket Kebijakan pemerintah tidak terlalu mempengaruhi pergerakan rupiah maka kesempatan untuk naik pun bisa saja terjadi. Diharapkan sentimen dari dalam negeri dapat menjadi positif untuk menahan pelemahan rupiah. 



Share:

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Support