Friday 29 March 2019

Perbandingan Pemilu Tahun 2014 dan Pemilu 2019

Pemilu akan diadakan 17 April 2019

IndoBig.com - Pada Pilpres 2014, survei untuk kandidat calon presiden saat itu Joko Widodo dalam jajak pendapat menyempit dari 15 poin persentase menjadi hanya 2-3 persen pada bulan terakhir sebelum hari pemilu, dengan saingannya Prabowo Subianto, yang terbukti menjadi juru kampanye yang tangguh dan pintar.

Pada akhirnya, mantan Gubernur Jakarta yang populer itu menang dengan selisih 53,1 persen melawan 46,8 persen, yang membawa pulang kemenangan dari gelombang pemilih yang sebelumnya ragu-ragu. Tetapi kemenangan tipis itu telah membuat resah para pendukungnya karena partainya sendiri sangat tidak efektif.

Perbandingan Pemilu Tahun 2014 dan Pemilu 2019


Sulit untuk menentukan apa yang berbeda pada musim pemilu kali ini. Jokowi mempertahankan popularitasnya, tetapi kekuatan petahana jelas merupakan faktor utama, terutama dalam hal anggaran sosial. Prabowo tampaknya tidak memiliki energi atau antusiasme yang sama seperti pada Pilpres 2014.

 Pemilu  17 April 2019
Jokowi dan pasangannya Ma’ruf Amin memimpin Prabowo dan pasangannya Sandiaga Uno dengan selisih 49,2 persen banding 37,4 persen. Dua jajak pendapat lain, yang dilakukan oleh Saiful Mujani Consulting (SMRC) dan Lembaga Survei Indonesia (LSI), menempatkan petahana itu di kisaran 57-59 persen, mewakili keunggulan 16 persen hingga 20 persen di atas Prabowo.

Menurut jajak pendapat terbaru, mitra koalisi yang berkuasa Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Nasional Demokrat (Nasdem), dan Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan partai oposisi Partai Amanat Nasional (PAN), semua akan masuk ke dalam kategori yang tidak terwakili.

Jika mereka gagal mencapai peringkat pada hari pemilu, kursi yang mereka dan empat partai kecil lainnya telah menangkan, akan dibagikan kepada partai-partai yang sukses sesuai dengan perhitungan setiap wilayah dan bukan sebagai bagian dari perhitungan nasional.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Support