Saturday 19 January 2019

Kemajuan Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Baru (NYIA) Beroperasi Mulai April 2019

Kemajuan Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Baru (NYIA) Beroperasi Mulai April 2019
Kemajuan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Baru (NYIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berjalan sesuai dengan target yang ditetapkan. Untuk alasan ini, pemerintah akan mulai mengoperasikan Bandara NYIA mulai April 2019.
"April, status operasionalnya sebagian. Kemudian NYIA akan selesai pada Desember 2019 dan akan mulai beroperasi penuh mulai Januari 2020," kata Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, seperti dikutip dari situs web Sektab di Jakarta, Minggu 20-01-2019.

Kemajuan Pembangunan Bandara Akan Segera Selsai Dan Ini Adalah Bandara Yang Cukup Bagus Dan Luar Biasa

Menurut Darmin, Bandara NYIA akan menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia. Kapasitas penumpang adalah 14 juta orang per tahun, 8 kali lebih besar dari kapasitas Bandara Adi Sucipto Yogyakarta yang mencapai 1,7 juta penumpang per tahun.

Selain itu, jarak jauh Bandara NYIA mencapai 3.250 m, sehingga bandara akan dapat memenuhi pesawat komersial terbesar di dunia, seperti Airbus A-380 atau Boeing 747 dan 777.

Pembangunan Bandara NYIA diharapkan menjadi salah satu komponen utama yang mempercepat pertumbuhan ekonomi, seringkali merupakan efek berganda bagi masyarakat dan daerah sekitarnya. "Kami melihat pembangunan bandara NYIA memiliki efek pengganda yang sangat besar, baik dari percepatan ekonomi, pekerjaan, dan peningkatan kesejahteraan," kata Darmin.

Presiden Joko Widodo sendiri telah memasukkan bandara ini dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) sejak 2016. Setelah itu, pemerintah semakin menunjukkan tekad untuk mempercepat penyelesaian bandara dengan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 98 tahun 2017 tentang Percepatan dan Operasi Bandara Kabupaten Kulon Progo DIY.

Selama fase Operasi Parsial dimulai pada bulan April, proyek bandara untuk pelabuhan selesai 100 persen. Meskipun solusi lansekap, terutama fasilitas pendukung seperti parkir, sejalan sampai bandara beroperasi penuh.
Kemajuan Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Baru (NYIA) Beroperasi Mulai April 2019
Selain itu, pemerintah juga memfasilitasi akses publik ke bandara NYIA dengan membangun rute South Cross Road South (JJLS).

Desain dasar 1.100 meter konstruksi telah selesai, sementara konstruksi itu sendiri dimulai sejak November 2018, "kata Wakil Menteri Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Pembangunan Regional Kementerian Ekonomi Wahyu Utomo.

Konstruksi pemeliharaan ini dilakukan oleh PT WIKA (Persero) sebagai kontraktor yang ditunjuk oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Jembatan JJLS yang berfungsi hingga April 2019 adalah antarmuka akses barat 1, antarmuka akses bangunan terminal, dan akses antarmuka timur 3.

Selain underpass, Pemerintah juga menyediakan beberapa infrastruktur pendukung lainnya seperti Bandara Kereta Api, rute Yogyakarta-NYIA, menara seluler Airnav, ketersediaan air dan listrik.

"Kami berharap pembangunan Bandara NYIA akan menjadi kekuatan pendorong kegiatan ekonomi di Kulon Progo dan Jawa Tengah," kata Darmin saat menutup kunjungan. "

Kalo suka, share ya ^^, 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Support