Sunday 24 March 2019

Pilpres menjadi celah dan peluang untuk terjadinya pertumbuhan ekonomi negara

Ryan Kiryanto selaku Kepala Ekonom PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI)
IndoBig.com - Ryan Kiryanto selaku Kepala Ekonom PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), mengatakan jika pada tahun ini dimana pilpres akan diselengarakan bisa menjadi sebuah celah dan peluang untuk terjadinya pertumbuhan ekonomi negara.

Dia menyatakan jika akan terjadi pergerakan dimana banyak partai yang akan aktif dan memberikan donasi dalam bidang ekonomi yang memicu adanya kenaikan pertumbuhan ekonomi. Pemilu ini semua bisa menjadi pertumbuhan untuk mengejar tentang stimulus ekonomi.

Pilpres menjadi celah dan peluang untuk terjadinya pertumbuhan ekonomi negara


Terbukti nyata pada pemilu tahun 2009-2014 ada kenaikan sekitar 0,2 sampai 0,3 persen saat itu. jika sekarang kita memiliki baseline pertumbuhan sekitar 5% di tahun ini. jika ditambah dengan hasil dari tahun pemilu ini bisa naik sekitar 5,2%-5,3%.



Perlu diketahui jika kita ini memiliki jumlah penduduk yang amat banyak, yaitu hampir menyentuh 267juta jiwa. Dimana kita bisa meningkatkan sektor domestic produsen yang perlu untuk ditingkatkan lagi oleh pemerintah daerah ataupun pusat.

Dari sisi lain Bank Indonesia selaku sentral perputaran uang Indonesia sudah berada diposisi yang benar dimana mereka tidak meningkatkan suku bunga acuan.

Dibalik itu APBN juga termasuk dalam salah satu cara untuk menaikkan kegiatan ekonomi masyarakat. LPNRT (Lembaga Pemerintah Non Rumah Tangga) juga memiliki peran yang amat besar dalam peningkatan itu.

Dia juga menyatakan jika pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai lebih dari 5%, baru bisa terlihat pada kuartal II 2019.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Support