Monday 25 March 2019

Cara Untuk Memperbaiki Aki Rusak

Aki Kering
IndoBig.com - Aki yang merupakan sumber kelistrikan yang dimiliki pada kendaraan baik motor ataupun mobil memberikan peran penting. Aki tidak boleh luput dari perhatian, jika tidak bisa-bisa sistem kelistrikan kendaraan menjadi mati dan tidak berfungsi jika komponen ini rusak.

Aki sendiri memiliki dua jenis yaitu aki basah dan aki kering. Aki kering lebih banyak dipilih karena dirasa lebih awet saat digunakan. Tidak hanya itu, aki kering juga dirasa lebih praktis dalam hal perawatan serta memiliki aliran listrik yang lebih kuat dan stabil.

Cara Untuk Memperbaiki Aki Rusak


Meski merawat aki kering bisa dibilang lebih mudah dibandingkan jika merawat aki basah, penting juga untuk mengetahui cara memperbaiki aki kering.

Aki Kering Ketika Di Bongkar
Siapkan obeng minus, obeng plus, pisau, air aki dan solasiban atau selotip berukuran besar.

Step cara untuk memperbaiki aki kering:

1. Tahap pertama Lepaskan aki.

2. Buka bagian penutup aki menggunakan pisau atau gergaji.

3. Perhatikan pada bagian atas aki yang terdapat tulisan 'Do Not Open' lalu gergaji bagian tersebut. Lakukan hal yang sama pada bagian samping serta belakang dari penutup aki.

4. Lepas bagian penutup pada wadah aki. Setelah terbuka, kamu akan menemukan enam lubang selanjutnya isi menggunakan air aki (accu zuur) yang telah kamu beli di toko otomotif sebanyak 15 mililiter.

5. Hindari kotak langsung cairan accu dengan kulit karena bisa menyebabkan iritasi. Jikapun terlanjur kena, segera gosok menggunakan sabun agar iritasi bisa berkurang.

6. Setelah lubang terisi semua, tahapan cara memperbaiki aki kering selanjutnya adalah tutup lubang tersebut menggunakan penutup aki. Agar merekat kuat, gunakan solasiban/selotip.

7. Jika aki memang masih belum menunjukkan tanda perbaikan, ada baiknya kamu membongkar aki sekali lagi untuk mengamati jika ada sel-sel pada aki yang rusak.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Support