Tuesday 8 January 2019

Menteri Keuangan Sri Mulyani Mengatur Pungut Pajak Dari Robot Yang Berfungsi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Mengatur Pungut Pajak Dari Robot Yang Berfungsi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berencana mengumpulkan pajak dari robot yang berfungsi menggantikan tugas manusia. Ini dilakukan di tengah perkembangan teknologi yang semakin masif dan penggunaan robot sudah terlalu tinggi.

Menurut Sri Mulyani, gagasan itu cukup masuk akal karena perkembangan teknologi memungkinkan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia beralih ke robot. Ini membuat robot melakukan aktivitas produksi, sehingga dapat dikenakan pajak.

"Bayangkan seperti film Robocop, semua polisi adalah robot di dunia nyata, lalu apa yang dilakukan orang? Jika semua robot itu bekerja, siapa yang menerima upah? Konsumsi produk siapa? Robot yang bekerja harus membayar pajak seperti pajak penghasilan," ucap Ani, demikian ia biasa disapa, Selasa 08-01-2019.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Berencana Mengumpulkan Pajak Dari Para Robot

Meski begitu, Ani belum menjelaskan lebih lanjut tentang jenis pajak yang berpotensi dikenakan pada robot. Dia juga enggan memastikan waktu pengumpulan pajak bisa berlaku.

Ani hanya menjelaskan bahwa gagasan mengumpulkan pajak dari robot sedang dibahas di beberapa negara. Sebab, sejumlah negara juga melihat bahwa arah perkembangan teknologi sangat berpeluang mengikis peran manusia dalam pekerjaan, walaupun jenis pekerjaan baru akan tercipta di masa depan.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Mengatur Pungut Pajak Dari Robot Yang Berfungsi
"Intinya, harus dilihat struktur pasar tenaga kerja, siapa yang bekerja, berapa pendapatan, pajak apa, dan untuk siapa," katanya.

Seiring dengan potensi kehadiran robot yang tinggi di masa depan, bukan tidak mungkin jumlah pengangguran akan meningkat. Yang pasti harus mendorong negara untuk hadir untuk memberikan layanan.

"Nantinya, kebijakan fiskal publik akan muncul, dalam bentuk robot yang membayar pajak dan orang-orang yang tidak bekerja diberi penghasilan, karena negara hadir dalam menciptakan infrastruktur, mencegah bencana, menciptakan layanan publik, dan ini harus dibiayai," katanya dijelaskan.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Mengatur Pungut Pajak Dari Robot Yang Berfungsi
Selain itu, pemerintah memiliki target untuk terus mengurangi pengangguran dan kemiskinan di masa depan yang diperkirakan akan tetap ada, meskipun pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Support